Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di ManadoSumber: muhammadiyah.or.id

matrakab.com – Setiap calon mahasiswa pastinya ingin kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Manado. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pendidikan penuh, menerima pengajaran dari dosen yang berkualitas, dan mendapatkan pekerjaan di bidang yang terhormat.

1. Politeknik Negeri Manado

Di Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia, Politeknik Negeri Manado atau dikenal juga dengan nama Polimdo adalah salah satu perguruan tinggi negeri. Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Bandung berfungsi sebagai fasilitas pelatihan awal bagi staf dosen. Sebagai cikal bakal Politeknik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), dibangun sarana dan prasarana media pembelajaran di Manado.

Departemen teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, dan perdagangan adalah tempat proses belajar mengajar dimulai. Akuntansi ditambahkan pada tahun 1991. Pada tahun 1993, Jurusan Akuntansi dan Administrasi Bisnis mendapat izin untuk menyelenggarakan program Diploma 3. Jurusan Teknik Sipil, Elektro, dan Mesin mendapat peningkatan status menjadi jenjang Diploma 3 pada tahun 1998. Program D3 Jurusan Pariwisata resmi diluncurkan pada tahun ini.

Politeknik Manado Unsrat memisahkan diri dari Universitas Sam Ratulangi pada tahun 1999, mengadopsi nama Politeknik Negeri Manado. Departemen Teknik Sipil khususnya meluncurkan jenjang Diploma 4 yang menghasilkan lulusan pertamanya pada tahun 2003.

2. Institut Agama Islam Negeri Manado

Di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang mengajarkan agama Islam. IAIN Manado didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 147 tanggal 17 Oktober 2014 yang merupakan perubahan formal dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado. Setelah beroperasi kurang lebih 18 tahun, STAIN Manado akhirnya diakui menjadi IAIN Manado pada bulan Oktober 2014 setelah menjalani sejumlah prosedur seleksi dari Kementerian Agama dan Menpan.

Tersedia empat fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Fakultas Usluhuddin, Adab, dan Dakwah. Jurusan yang dimilikinya banyak sekali, banyak di antaranya yang tak kalah menarik, antara lain Ilmu Komunikasi, Ekonomi Islam, Keguruan, Ilmu Agama Islam, dan lain sebagainya.

3. Universitas Negeri Manado

Salah satu perguruan tinggi negeri di Tondano Sulawesi Utara adalah Universitas Negeri Manado (disingkat UNIMA). Pada tahun 1955, pada tanggal 22 September, universitas ini didirikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang merupakan induk organisasi kementerian membawahi Universitas Negeri Manado dan saat ini dipimpin oleh Prof. Doktor Deitje A. M.Pd Katuuk. Nama asli universitas ini adalah IKIP Negeri Manado. Setelah itu Universitas Negeri Manado (disingkat UNIMA) menjadi nama resminya.

Salah satu Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Indonesia adalah UNIMA. PTPG Batusangkar, PTPG Malang, PTPG Bandung, dan PTPG Tondano adalah tiga lainnya, sesuai Surat Keputusan Republik Indonesia Nomor 2450/KB/1955 dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yang diterbitkan pada 22 September 1955. Setelah itu , FKIP Universitas Hasanuddin Makassar didirikan dari PTPG Tondano yang otonom.

Terjadi masalah keamanan pada masa perjuangan keadilan (masa Permesta-PRRI), sehingga pada tanggal 17 Agustus 1958 Mei (TNI) Bert Supit sang penguasa militer berkumpul dan mengajak civitas akademika yang belum masuk ke pedalaman untuk pindah ke Manado yang menjadi landasan Perguruan Tinggi Manado (PTM).

4. Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado

Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado adalah pilihan ideal jika Anda ingin melanjutkan pendidikan lebih lanjut di bidang kedokteran. Ada tujuh pilihan studi yang berbeda, termasuk keperawatan, kebidanan, keperawatan gigi, nutrisi, kesehatan lingkungan, farmasi, dan analisis kesehatan. Anda tidak perlu ragu untuk mendaftar karena ketujuh program studi atau jurusan ini memiliki akreditasi yang kuat.

Harga awal biaya kuliah di kampus Manado ini berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp2.00.000. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal uang, dan sudah banyak program beasiswa yang bisa membantu Anda. Beasiswa dari lembaga swasta atau organisasi seperti BI atau Prestasi misalnya.

5. Universitas Sam Ratulangi

Universitas Sam Ratulangi atau dikenal juga dengan Unsrat merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada tanggal 14 September 1951 di Manado, sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 277. Unsrat didirikan atas dasar keinginan masyarakat Sulawesi Utara dan Tengah akan adanya universitas di Manado yang kini menjadi pusat kehidupan politik dan sosial kedua wilayah tersebut. Perguruan Tinggi Manado (PTM) yang didirikan pada 1 Agustus 1958 mewujudkan keinginan tersebut.

Pada saat pertama kali berdiri Perguruan Tinggi Manado mempunyai empat fakultas, antara lain fakultas hukum, ekonomi, sastra, dan tatapraja. Pada saat itu, universitas ini tergolong universitas swasta. Nama PTM diubah menjadi Universitas Sulawesi Utara-Tengah (Unsut) pada bulan Oktober tahun yang sama dengan kelahirannya. Pada tahun 1960, nama Unsut diubah menjadi Unisut sebagai singkatannya.