Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di MagelangSumber: sbmptmu.id

matrakab.com – Dahulu Magelang, sebuah kota di Jawa Tengah, pernah menjadi tempat kedudukan Karesidenan Kedu di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Sejumlah perguruan tinggi tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Magelang yang terkenal dengan Gunung Merapi dan Candi Borobudur.

1. Universitas Tidar

Magelang di Indonesia, di Jawa Tengah, adalah rumah bagi Universitas Tidar (juga dikenal sebagai Untidar), sebuah universitas negeri. Sebelum menjadi Untidar, Universitas Tidar Magelang merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tanggal 1 April 2014 sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2014.

Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian (Faperta), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) merupakan lima fakultas yang membentuk Untidar pada saat didirikan. Selama ini Eks Karesidenan Kedu hanya memiliki Universitas Tidar sebagai perguruan tinggi negeri. Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Universitas Tidar Magelang mendapat status terdaftar pada jenjang Sarjana untuk semua jurusan pada tanggal 22 Januari 1981.

2. Politeknik Negeri Semarang

Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang fokus pada pendidikan teknik dan vokasi adalah Politeknik Negeri Semarang (Polines). Misi pendirian Polines adalah mengembangkan tenaga kerja yang berkualitas dan terampil untuk berbagai sektor industri.

Pilihan studi terkait teknik yang ditawarkan Polines meliputi bidang mekanikal, elektrikal, informasi, sipil, dan bidang lainnya. Agar lulusan Polines memiliki keterampilan yang siap pakai dan dapat segera berkontribusi di dunia kerja, maka program-program tersebut dibuat dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri.

Banyak calon mahasiswa yang mampu membayar biaya kuliah Politeknik Negeri Semarang yang relatif murah. Siswa berprestasi juga dapat memanfaatkan peluang Polines untuk menerima beasiswa dari organisasi publik dan swasta untuk mengurangi beban keuangan pendidikan mereka.

3. Universitas Muhammadiyah Magelang

Wilayah Magelang di provinsi Jawa Tengah Indonesia adalah rumah bagi universitas swasta yang dikenal sebagai Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA). Organisasi Muhammadiyah mendirikan perguruan tinggi ini pada tanggal 31 Agustus 1964 sebagai sarana pendidikan tinggi. Salah satu kampus unggulan baik di Kota Magelang maupun Kabupaten Magelang adalah Kampus Unimma. Terdapat dua kampus untuk universitas ini, dengan kampus 1 terletak di Jl. Tidak, Tidar. Jl. 21 Kota Magelang dan Kampus 2 dekat. KM 5 Mertoyudan Kabupaten Magelang Mayjen Bambang Soegeng.

Motto kampus, “Unggul dalam Pengetahuan dan Perilaku Islam,” menggambarkan tujuannya untuk menghasilkan kader-kader elit yang memiliki pemahaman mendalam tentang Islam dan kemampuan bertindak sesuai dengan petunjuk Allah SWT. Mahasiswa di Unimma mendapat pembinaan menjadi kader bangsa, ummat, dan muhammadiyah yang dapat ikut serta menjadi ulama berkaliber tinggi.

4. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang

Fasilitas pendidikan tinggi yang fokus pada bidang pertanian dan agribisnis disebut Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang (STPP Magelang). Untuk menghasilkan lulusan yang siap berkontribusi terhadap pertumbuhan pertanian Indonesia, STPP Magelang sangat menekankan pada pendidikan dan pelatihan di bidang pertanian.

Untuk menjamin mahasiswa mempunyai keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri pertanian, STPP Magelang menggunakan kurikulum berbasis praktik. Selain menghadiri kuliah teori, mahasiswa berpartisipasi dalam kerja lapangan, tur ke pertanian dan perkebunan, dan proyek penelitian terkait pertanian. Siswa memperoleh pengetahuan langsung dan memiliki kesempatan untuk menerapkannya dalam lingkungan praktis dengan cara ini.

5. STMIK Bina Patria Magelang

Salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia, STMIK Bina Patria Magelang, mengkhususkan diri pada ilmu komputer dan teknologi informasi. didirikan dengan tujuan untuk menciptakan karyawan berkualitas yang mampu bersaing dan memberikan kontribusi pada industri teknologi informasi.

Sistem informasi, teknik informatika, dan manajemen informatika hanyalah beberapa program studi terkait teknologi informasi yang ditawarkan STMIK Bina Patria. Agar lulusan STMIK Bina Patria memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pasar kerja, maka program-program tersebut diciptakan dengan kurikulum terkini dan relevan dengan kebutuhan industri.

Calon mahasiswa dari berbagai latar belakang dapat mendaftar di STMIK Bina Patria Magelang karena biaya pendidikannya yang relatif murah. Selain itu, lembaga ini menawarkan kesempatan kepada siswa berprestasi untuk menerima beasiswa guna mengurangi beban keuangan pendidikan mereka.