Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di MadiunSumber: lingkarmadiun.pikiran-rakyat.com

matrakab.com – Kota Madiun Provinsi Jawa Timur. Dengan luas wilayah 33,23 km persegi dan jumlah penduduk lebih dari 190.000 jiwa, Madiun telah berkembang menjadi kota yang indah dan tentunya berpendidikan.

Kota kawasan Surabaya ini punya banyak sekali julukan. Ada banyak julukan lain untuk kota ini, termasuk “Kota Gadis”, “Kota Brem”, “Kota Kebudayaan”, dan “Kota Industri”.

1. Universitas PGRI Madiun

Universitas Swasta Universitas PGRI Madiun disebut juga Unipma terletak di Jalan Setiabudi di Kartoharjo, Madiun. Pada tanggal 17 Mei 1976, universitas swasta ini didirikan. Perguruan Tinggi Swasta Universitas PGRI Madiun didirikan sebelum adanya IKIP Cabang Malang Madiun. Pada tahun 1960an, IKIP Malang mendirikan lokasi di Madiun. IKIP Malang cabang di Madiun yang berkembang cukup baik kemudian terpaksa ditutup pada tahun 1968. Sebagian staf pengajar memilih tinggal di Madiun, sebagian lagi kembali ke Malang.

Para tenaga pengajar yang bermukim di Madiun tidak putus asa dan terus berupaya untuk mendirikan pendidikan tinggi di sana. Mudjiono dan Dr. R. Dalam upaya mewujudkan pendirian perguruan tinggi di Madiun, Soekarman melakukan upaya sosialisasi dan pendekatan kepada pejabat daerah setempat serta tokoh masyarakat. Hingga mereka akhirnya memberikan tanggapan positif terhadap upaya pendirian universitas ini, lingkungan sekitar dan pejabat setempat. Untuk mengelola rencana pendirian perguruan tinggi yang diinginkan, maka didirikanlah Yayasan Pengembangan Pendidikan Tinggi Madiun (YAPERTIM) pada tahun 1969.

2. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun

Sejak tahun 1960, kota Madiun menjadi rumah bagi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, sebuah perguruan tinggi swasta dengan motto Non Scholae Sed Viitae Discimus. Dengan semboyan ini kita belajar menjalani kehidupan yang lebih utuh dan manusiawi serta menimba ilmu. Kampus di Jl ini menjadi tempat diadakannya perkuliahan. Manggis No Madiun 15-17.

Bertujuan untuk meningkatkan pelayanan berkelanjutan sesuai dengan prinsip non scholae sed vitae discimus dan sesuai dengan Keputusan Kemenristekdikti No. Sejak tanggal 11 Juni 2019, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun menjadi bagian dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan nama Widya Mandala Universitas Katolik Surabaya Kampus Kota Madiun (KPT/I/2019/442/KPT/I/2019).

Hal ini tidak dapat dilepaskan dari sejarah Unika Widya Mandala (WIMA) Surabaya sejak Unika (Universitas Katolik) berdiri. Ia sebenarnya baru lepas dari WIMA Surabaya pada tahun 1985. Saat pertama kali dimulai, Romo Prof mengelola B-1 Ilmu Pendidikan. Janssen C. M. yang memanfaatkan fasilitas di kompleks Pastoral Jalan Willis Madiun adalah Yayasan Yohanes Gabriel. Suster Ursulin, termasuk Suster Dra, juga bertanggung jawab atas PGSLP. Dian Michel O.S.U. dan terletak di gedung Sisters di Jalan Willis Madiun.

3. Politeknik Negeri Madiun

Satu-satunya politeknik negeri di Kota Madiun, ujung barat Jawa Timur, dikenal dengan nama PNM atau Politeknik Negeri Madiun. Kota yang menjadi pusat administrasi perguruan tinggi vokasi negeri ini terletak 111 kilometer di sebelah timur Surakarta dan 160 kilometer di sebelah barat Surabaya. Kawasan kampus Politeknik Negeri Madiun ada dua, yaitu di Jalan Serayu No. 84 Kel. Pandean Kota Madiun, sedangkan kawasan kampus II terletak di Jl. Kecamatan Winongo, Jalan Lingkar Barat. kota Manguharjo di Madiun. Kedua kampus Politeknik Negeri Madiun ini terkenal dengan ruangannya yang luas dan megah. Pasalnya, luas kedua kampus di Kota Brem adalah 115.719 m2, dengan luas kampus I 7.837 m2 dan kampus II seluas 107.882 m2.

Politeknik yang menyelenggarakan pendidikan pada jenjang vokasi khusus ini berkomitmen menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang terkait lainnya. Politeknik Negeri Madiun menerapkan sistem pembelajaran pada bidang hard skill yang diterapkan dengan konsep learning by doing yang memadukan teori dan praktik untuk mencapai tujuan tersebut. Kurikulum Berbasis Kompetensi yang dirancang untuk Program Diploma III dijadikan contoh untuk mengimplementasikan gagasan learning by doing.

4. Universitas Madiun Merdeka

Perguruan tinggi swasta tertua di Madiun adalah Universitas Madiun Merdeka atau UNMER. Universitas ini didirikan di Madiun pada tahun 1979 oleh seorang asisten gubernur. Alasan utama pendirian universitas ini adalah untuk hanya menawarkan pendidikan tinggi kepada mahasiswa yang menginginkannya tetapi tidak bisa karena biaya atau jarak. Universitas Merdeka sudah memiliki 5 fakultas pada tahun 2021. Kelima fakultas tersebut adalah fakultas hukum, ekonomi, ilmu sosial dan politik, teknik, dan pertanian. Lokasi sebenarnya berada di Jalan Serayu No 79.

5. Universitas Muhammadiyah Madiun

Salah satu perguruan tinggi muhammadiyah adalah Universitas Muhammadiyah Madiun (disingkat UMMAD) yang merupakan amal usaha muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan tinggi. Keempat kampus universitas ini adalah sebagai berikut: Kampus I: Jl. Mayjen Panjaitan No. 18, Taman, dan Kota Madiun. Perguruan Tinggi II : Jl. Lumbung Hidup No. Barat Ngegong, Kec : Jalan Lingkar 2A. Kota Madiun, Manguharjo. Kampus III : Jl. Gedung Sumaya No. 6, Madiun Islamic Center, Madiun Lor, Kec. Manguharjo Kota Madiun. : Mantan. Kecamatan Demangan. sebuah taman di Kota Madiun.

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Muhammadiyah Madiun dan Akademi Kebidanan Muhammadiyah Madiun (AKBID) digabung menjadi Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD). Sutomo, Ketua Pimpinan Daerah (PDM) Muhammadiyah Kota Madiun, menyatakan Kota Madiun akan segera menyaksikan berdirinya Unmuh. Kementerian Riset dan Teknologi diperkirakan akan mengeluarkan keputusan tersebut dalam waktu tiga bulan. Unmuh bisa langsung membuka pendaftaran mahasiswa baru setelah turun.