Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di BalikpapanSumber: seputarlampung.pikiran-rakyat.com

matrakab.com – Perguruan tinggi swasta dan negeri yang ternama banyak terdapat di Balikpapan. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih, dan beberapa di antaranya memiliki pilihan di bidang teknologi pangan, manajemen kuliner, dan kebidanan.

1. Politeknik Negeri Balikpapan

Pada tanggal 9 September 2011, Politeknik Negeri Balikpapan didirikan. Tahukah kamu anda, kampus yang masih terbilang baru ini berkembang sangat pesat. Berbagai inovasi program pengembangan pendidikan masih terus dilakukan. mulai dari fasilitas, kemampuan belajar, dan peluang karir mahasiswa. Agar mahasiswa memiliki lebih banyak pilihan karir setelah lulus kuliah, setiap program studi memiliki jaringan perusahaan besar di industrinya. Selain itu, Poltekba juga menawarkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bagi mahasiswa yang ingin memulai usaha dan juga membutuhkan dukungan finansial.

2. STT Migas Balikpapan

STT Migas Balikpapan atau dikenal juga dengan nama Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan merupakan sebuah perguruan tinggi di Kalimantan Timur. Di Balikpapan Utara, dekat Kilometer 8, merupakan lokasi kampus. Bersama dengan Universitas Mulawarman dan Institut Teknologi Kalimantan, STT Migas umumnya dianggap sebagai salah satu dari tiga universitas terbaik di Kalimantan Timur.

STT Migas Balikpapan memiliki sejarah yang dimulai sejak tahun 2001. Yayasan Kaltim Mandiri mendirikan STT Migas Balikpapan saat itu berdasarkan Akta Notaris Nomor 9 yang telah disahkan Pengadilan Negeri Nomor 699/2002 yang diterbitkan pada tanggal 16 Oktober 2002. Kemudian dibentuklah STT Migas Balikpapan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 036/D/O/2003 yang diterbitkan pada tanggal 13 Maret 2003. Teknik Instrumentasi Elektronik Migas (DIII), Teknik Pengolahan Migas (S1) , dan Teknik Perminyakan (S1) merupakan tiga program studi yang ditawarkan STT Migas Balikpapan.

3. Institut Teknologi Kalimantan

Pada tanggal 6 Oktober 2014, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Institut Teknologi Kalimantan (ITK), sebuah universitas negeri. Kalimantan Timur, Balikpapan di Indonesia adalah rumah bagi kampus ITK. ITK didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Kalimantan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 254), yang ditetapkan oleh Prof. Drod H. Profesor Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada tanggal 6 Oktober 2014, dan berlaku efektif pada tanggal 9 Oktober. Meski pembukaan resminya baru dilakukan pada tahun 2014, ITK sudah memulai kegiatan akademiknya dengan menerima mahasiswa baru sejak tahun 2012–2013. Dengan hadirnya ITERA dan ITK, pemerintah Indonesia kini memiliki empat institut teknologi selain ITB dan ITS. Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH), lembaga teknologi negara kelima yang didirikan, saat ini sudah beroperasi.

4. Universitas Balikpapan

Pada tanggal 1 Juli 1981, Universitas Balikpapan atau dikenal dengan UNIBA didirikan sebagai perguruan tinggi. Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur mengambil alih pengelolaan UNIBA pada tahun 1982 untuk kepentingan pengembangan institusi.

Persaingan sangat ketat di perguruan tinggi ini karena ribuan siswa mendaftar di sana setiap tahun. Pasalnya, ujian masuk UNIBA cukup ketat. Berbagai fasilitas yang ditawarkan untuk menunjang pendidikan dapat dinikmati oleh mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi ini. Fasilitas yang ditawarkan antara lain perpustakaan lengkap dengan akses internet dan sistem Katalog Akses Publik Online, serta ruang kelas dan gedung kemahasiswaan ber-AC.

5. Universitas Tridharma

Salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia adalah Universitas Tridharma. Universitas ini telah menghasilkan banyak lulusan berprestasi berkat kurikulum inovatif dan lingkungan belajar yang mendukung. Universitas Tridharma Swasta dapat ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 1987 ini kini dianggap sebagai salah satu pilihan utama bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan berkualitas tinggi.

Universitas Tridharma berdedikasi untuk menawarkan pengajaran terbaik yang relevan dengan tuntutan dunia kerja, sebagaimana terkandung dalam motonya, “Bekerja, Tumbuh, dan Berprestasi.”. Gelar sarjana, magister, dan doktoral dalam berbagai bidang studi tersedia melalui program akademik. Salah satu kampus terbaik untuk pendidikan tinggi adalah Universitas Tridharma di Balikpapan. Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses universitas ini berkat lokasinya yang strategis di jantung kota Balikpapan.