Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di BanjarmasinSumber: beritahukum.com

matrakab.com – Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan adalah Banjarmasin, yang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona dan banyaknya institusi pendidikan terkemuka. Di Banjarmasin cukup banyak kampus yang memungkinkan warganya mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.

Kampus-kampus tersebut, baik negeri maupun swasta, tersebar di beberapa kecamatan di Kota Banjarmasin. Tak perlu khawatir jika Anda mencoba masuk perguruan tinggi negeri namun gagal karena perguruan tinggi swasta di sini juga tak kalah bagusnya.

1. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dikenal juga dengan UMBJM, dahulu bernama STIKES (Sekolah Ilmu Kesehatan) Muhammadiyah Banjarmasin atau lebih dikenal dengan STIKES MB. diawali dengan Akademi Keperawatan Muhammadiyah Banjarmasin yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Nomor: HK Menteri Kesehatan RI. 00.06. 1.1. 1721 mulai 18 Juni 1996.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 189/D/O/2003 dengan Program Studi Sarjana Keperawatan dan D3 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Banjarmasin didirikan pada tanggal 31 Oktober. 2003, dan Akademi Keperawatan ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin. Pada tahun 2006, STIKES Muhammadiyah Banjarmasin menambah dua program studi, yaitu D3 Kebidanan dan D3 Farmasi. Pada tahun 2011 dibuka Program Studi Magister Keperawatan dengan fokus Keperawatan Darurat.

2. Politeknik Negeri Banjarmasin

Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin di Indonesia adalah rumah bagi Politeknik Negeri Banjarmasin, juga dikenal sebagai Poliban. Poliban terletak di atas sebidang tanah yang luasnya kurang lebih 5 koma 64 hektar. Di atas tanah ini terdapat ruang kuliah, gedung serba guna, laboratorium, bengkel, sarana olah raga, kantin, musala, ruang seminar, perpustakaan, gedung kantor pusat, gudang, plaza, perumahan dosen, dan bangunan penunjang lainnya. Enam program studi jenjang D-4 dan tiga belas program studi D-3 ditawarkan oleh Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) yang memiliki lima departemen dan total 19 program studi.

Seluruh program studi telah terakreditasi oleh BAN PT dan telah diberikan izin operasional oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Prodi D-3 Teknik Pertambangan Poliban merupakan yang terbaik di Indonesia dan satu-satunya Prodi D-3 Pertambangan yang terakreditasi B bersama Akamigas Palembang (tidak ada akreditasi A). Selain itu, Program Studi D-3 Teknik Geodesi saat ini menjadi satu-satunya program studi di wilayah Kalimantan yang lulusannya mempunyai potensi di bidang industri survei dan pengukuran. Selain itu, satu-satunya Program Studi D-4 di Indonesia yang lulusannya mempunyai potensi di bidang akuntansi adalah Program Studi Diploma-IV Akuntansi dan Lembaga Keuangan Syariah.

3. Universitas Sari Mulia Banjarmasin

Pada tahun 2021, BAN-PT memberikan akreditasi Universitas Sari Mulia Banjarmasin yang menyatakan bahwa institusi tersebut bereputasi baik. Tahun 2021 hingga 2026 merupakan tahun berlakunya sertifikat. Gabungan AKIBD Sari Mulia Banjarmasin dan STIKES Sari Mulia yang dibina oleh Yayasan Indah Banjarmasin melahirkan UNISM yang kini eksis sebagai perguruan tinggi swasta.

AKBID Sari Mulia Banjarmasin didirikan pada tahun 2005 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional. STIKES Sari Mulia telah beroperasi sejak tahun 2009. Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri tahun 2018, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah memberikan persetujuan atas penggabungan kedua perguruan tinggi tersebut.

4. Universitas PGRI Banjarmasin

Pada tanggal 25 November 1985, didirikanlah Perguruan Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin. Merupakan sebuah perguruan tinggi swasta di Kalimantan Selatan. Keputusan Musyawarah Daerah Tingkat I PGRI yang diadakan di Barabai pada tanggal 23-25 ​​November 1985 berujung pada berdirinya IKIP PGRI Banjarmasin pada tanggal 25 November. Drs. Syamsi yang terpilih kembali menjadi Ketua PGRI Tingkat I Kalsel, mendapat tugas mendirikan IKIP PGRI Banjarmasin karena perannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dasar Tingkat I Kalsel mengharuskannya berinteraksi lebih efektif dengan berbagai pihak.

5. Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin dan Banjarbaru di Kalimantan Selatan adalah rumah bagi universitas negeri Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Pada tanggal 21 September 1958, universitas ini didirikan, dan pada tanggal 1 November 1960 resmi dibuka. Nama universitas ini diambil dari Lambung Mangkurat, seorang patih Kerajaan Negara Dipa yang merupakan bagian integral dalam sejarah Kerajaan Banjar di Kalimantan Selatan.

Ketika Akademi Bisnis Kalimantan didirikan dengan Akta Notaris Nomor 24 tanggal 21 September 1956, didirikanlah Universitas Lambung Mangkurat (ULM). “Akademi Bisnis Kalimantan” (APK) yang kemudian didirikan pada tahun 1957 atas prakarsa Milono selaku Gubernur Kalimantan, didirikan dengan tujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan bangsa, memajukan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mencerdaskan peserta didik. menjadi anggota masyarakat yang kompeten secara akademis dan profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa khususnya di wilayah Kalimantan.