Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di PandeglangSumber: halalunmabanten.id

matrakab.com – Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di titik paling barat Pulau Jawa. Pandeglang memiliki fasilitas pendidikan yang cukup lengkap selain terkenal dengan pariwisatanya.

Banyak kampus yang bisa ditemukan di wilayah Pandeglang, meski berada di titik paling barat Pulau Jawa. Kampus-kampus di Pandeglang berstatus SMA hingga Universitas dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang.

1. Universitas Mathla’ul Anwar

Belahan bumi utara dan selatan Banten tidak jauh berbeda satu sama lain, sama halnya dengan belahan bumi yang dari segi sosial ekonomi mengalami disparitas yang cukup tajam. Dari segi perekonomian Banten, Banten Utara lebih berkembang, masyarakatnya lebih sejahtera, dan memiliki beragam industri yang didukung oleh infrastruktur dan suprastruktur yang memadai.

Sebaliknya, sebagian besar wilayah Banten Selatan masih terputus dari pusat perekonomian dan/atau transportasi. Sejauh yang kita ketahui, kemajuan suatu masyarakat tidak hanya ditentukan oleh suprastruktur dan infrastrukturnya. Faktor penentu yang tidak kalah pentingnya adalah pendidikan sebagai upaya sistematis untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Banten Raya

Awalnya dibuat dengan Akta No. 5 tanggal 28 Oktober 1983, dari Notaris Nuzwar, SH di Rangkasbitung. Jauh sebelum konsep Provinsi Banten muncul, nama Banten Raya yang dikaitkan dengan nama yayasan ini sudah disosialisasikan di lingkungan sekitar. Yayasan ini diberi nama ini dengan harapan kedepannya mampu mengkoordinasikan lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi, di seluruh wilayah Banten.

Perkuliahan STISIP Banten Raya diselenggarakan oleh Bapak H. dan diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Banten Raya pada tahun 2001, tahun pertama berlakunya otonomi daerah dan Pemerintahan Provinsi Banten. Siswara dan teman-temannya. Ketika Nota Pertimbangan diperoleh dari Direktorat Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2002, perjuangan untuk mendapatkan izin menunjukkan beberapa kemajuan. Izin penyelenggaraan STISIP Banten Raya dengan dua jurusan yaitu Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Jurusan Ilmu Pemerintahan baru diberikan pada tanggal 1 Maret 2004 melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 30/D/O/2004.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Maulana Yusuf Banten

Yayasan Pembina mengajukan permohonan perubahan bentuk dari AIA menjadi STIA Maulana Yusuf Banten pada tahun 1983 dengan penuh optimisme. Permintaan tersebut berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama 20 tahun mengelola, didukung peran aktif seluruh tokoh masyarakat Banten, serta mempertimbangkan realita perkembangan pembangunan yang relatif pesat. Keputusan untuk menjadi sekolah menengah atas diubah agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada saat itu, dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta memberikan pedoman dalam menentukan kurikulum.

Mendikbud menyetujui permohonan ini dengan keluarnya Surat Keputusan Nomor 1 karena dukungan dan dorongan dari Kopertis Wilayah IV Jawa Barat. Mengenai status terdaftar STIA Maulana Yusuf Banten, lihat 0447/0/1983. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. Pendidikan tercantum sebagai program Strata 1 (S-1) dalam peraturan 0136/0/1983. Berkat kerja keras para pengelola dan pengawas, Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor. Departemen Administrasi Negara berubah status dari terdaftar menjadi diakui pada tanggal 1 Maret 1991 melalui Surat Perintah Nomor 094/0/1991.

Keinginan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan formal memberikan peluang untuk memperluas kegiatan belajar mengajar dengan membentuk jurusan baru yaitu Program Studi Administrasi Bisnis, seiring dengan perkembangan pembangunan dan tuntutan masyarakat yang terus meningkat.

4. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Mutiara Banten

Pandeglang, Banten, adalah rumah bagi STKIP Mutiara Banten, sebuah universitas swasta. Sejak didirikan pada tahun 2012, kampus ini sudah ada. Kampus ini menjadi salah satu kampus terpopuler di Banten dengan menawarkan program studi yang memenuhi kebutuhan masyarakat, fasilitas lengkap, dan sistem pendidikan unggul.

Nama resmi kampus ini adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Mutiara Banten. Sejak tanggal 26 Desember 2012, kampus ini telah ada dan resmi dibuka. Alamat kampus ini adalah Jalan Stadion Badak Nomor 2, Pandeglang, Banten.

5. Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur Pandeglang

Sebagai perguruan tinggi Islam pertama di Banten, Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Manshur (STAISMAN/STAI Syekh Manshur) Pandeglang mempunyai sejarah yang sangat panjang. STAISMAN mengalami tiga kali perubahan nomenklatur yang diawali dengan pendiriannya oleh Yayasan Perguruan Tinggi Islam Syekh Manshur Pandeglang. Perguruan Tinggi Islam Syekh Manshur adalah nama aslinya ketika didirikan pada tahun 1972. Selanjutnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Syekh Manshur Tarbiyah (STITMAN) Pandeglang setelah keluarnya Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 219 Tahun 1988. Perguruan Tinggi Islam Syekh Manshur Sekolah (STAISMAN) Pandeglang yang masih beroperasi hingga saat ini terakhir dikukuhkan melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 517 Tahun 1994.

STAISMAN sampai saat ini masih mempunyai dua program sarjana: 1. Program Sarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) dan, 2). Program Studi Pascasarjana Pendidikan Agama Islam (PGMI). Meski demikian, STAISMAN akan tetap berupaya menciptakan sejumlah program Kajian Baru yang memperhatikan kebutuhan masyarakat melalui studi kelayakan yang menyeluruh. Hal ini akan memudahkan STAISMAN dalam menjalankan arah kebijakannya pada tahun 2020 yaitu mengarahkan STAISMAN menuju Institut Agama Islam Syekh Manshur (IAISM) Pandeglang.