Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di LampungSumber: mitrapost.com

matrakab.com – Semua siswa SMA pasti mempunyai impian untuk masuk universitas negeri untuk belajar. Terdapat lima perguruan tinggi negeri di lampung yang diperuntukkan bagi mahasiswa diploma dan sarjana bagi anda yang berdomisili di lampung dan sekitarnya.

Anda akan belajar banyak dan mengalami banyak hal dengan kuliah. Anda akan belajar lebih dari sekedar informasi dari perkuliahan karena Anda juga akan melakukan penelitian dan melakukan pekerjaan sukarela.

1. UIN Raden Intan Lampung

Di Sukarame, Bandar Lampung, terdapat sebuah perguruan tinggi negeri bernama UIN Raden Intan Lampung. Perguruan tinggi agama Islam terbesar dan tertua di Lampung adalah lembaga ini. Perguruan tinggi negeri yang saat itu dikenal dengan nama IAIN Raden Intan Lampung ini awalnya dinaungi oleh Yayasan Kesejahteraan Islam Lampung (YKIL) pada tahun 1961. Yayasan tersebut diberi tanggung jawab untuk mengadakan diskusi dengan pemerintah daerah dan ulama untuk membahas sarana dan prasarana yang diperlukan bagi keislaman. pendidikan tinggi di daerah tersebut.

Keputusan untuk membangun dua fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah, diambil setelah diskusi tersebut. IAIN Lampung terpaksa menggunakan sarana dan prasarana gedung Fakultas Hukum Unsri di Teluk Betung karena minimnya fasilitas yang tersedia. Nama universitas ini diberikan untuk menghormati pahlawan nasional asal Lampung yang berjuang untuk Indonesia. Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 082/TK/1986. Kemudian pada tanggal 7 April 2017, IAIN Lampung ditetapkan sebagai perguruan tinggi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 38 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

2. Politeknik Kesehatan Tanjung Karang

Politeknik Kesehatan Tanjung Karang, juga dikenal sebagai Poltekkes Tanjung Karang, adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Berfungsi sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan RI dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan).

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia nomor: 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001, merupakan penggabungan dari 5 (lima) Akademi Kesehatan di Provinsi Lampung. Akademi-akademi tersebut menjelma menjadi departemen antara lain DIV Promkes, DIV Analis Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, dan Keperawatan.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan RI yang bertanggung jawab dan berada di bawah arahan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Dinas PPSDM Kesehatan). Secara teknis, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes) menangani pengembangan administrasi, sedangkan Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan menangani administrasi.

3. Institut Teknologi Sumatera

Di pulau Sumatera, di provinsi Lampung, terdapat universitas negeri yang dikenal dengan nama Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Antara Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung dimana lokasinya berada. ITERA didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 124 Tahun 2014 tentang Pendirian Institut Teknologi Sumatera (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 253), yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.d. diundangkan pada tanggal 6 Oktober 2014 dan diterbitkan pada tanggal 9 Oktober 2014.

ITERA mengawali kegiatan akademik dengan menerima mahasiswa baru pada tahun 2012–2013, meskipun pembukaan resminya dilakukan pada tahun 2014. Pembukaan ITERA dan ITK ini menambah dua program yang sudah ada sejak pemerintah Indonesia. institut teknologi, ITB dan ITS, menjadi empat. Kesiapan penyediaan sumber daya manusia yang unggul diperlukan dalam inisiatif percepatan pembangunan nasional, khususnya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membangun lembaga teknologi negara di Pulau Sumatera karena hal tersebut.

4. Politeknik Negeri Lampung

Politeknik Pertanian Negeri Lampung atau dikenal juga dengan Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA didirikan pada tanggal 7 April 2001 sebagai salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung. Sebelumnya dikenal dengan nama Politeknik Negeri Lampung. Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 036/O/2001.

Keberadaan Politeknik di era otonomi daerah diharapkan dapat berperan sebagai motivator, dinamisme, dan akselerator pembangunan daerah selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi. Berkaitan dengan hal tersebut, Politeknik terus memperluas bidang studi guna menghasilkan tenaga profesional di berbagai bidang ilmu khusus sekaligus mengembangkan kegiatan dan fasilitas akademik. Karena rencana pengembangan Politeknik kedepannya, dimana bidang studi yang diselenggarakan tidak lagi terbatas pada bidang pertanian, maka Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berganti nama menjadi Politeknik Negeri Lampung mulai tanggal 2 Agustus 2004.

5. Universitas Lampung

Pada tanggal 23 September 1965, Universitas Lampung yang disebut juga Unila didirikan sebagai universitas negeri. Karena banyak lulusan SMA di Lampung yang harus merantau ke Jawa atau Palembang untuk melanjutkan pendidikan, masyarakat Lampung menginginkan dan berharap agar ada universitas yang didirikan di dekatnya. Hal inilah yang memunculkan Unila. Pasca terbentuknya dua panitia-panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah Menengah (P3SL) dan Panitia Persiapan Pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Lampung (P3YPTL) keinginan tersebut mulai diwujudkan. P3SL berganti nama menjadi Panitia Pendirian dan Perluasan Sekolah dan Fakultas Lanjutan (P3SLF) pada tanggal 19 Januari 1960. Selanjutnya pada tanggal 19 Juli 1960 P3SLF mendirikan Fakultas Ekonomi Sosial dan Hukum (FEHS) Lampung yang kemudian dikenal dengan nama Unila.

Yayasan Pengembangan Pendidikan Tinggi Lampung (YPPTL) didirikan pada tanggal 23 November 1960 melalui penggabungan P3SLF dan P3YPTL. Pengurusan dan penumbuhan FEHS menjadi perguruan tinggi negeri menjadi tanggung jawab yayasan ini. FEHS bergabung dengan Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya sebagai cabang pada tanggal 1 Februari 1961. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 Tahun 1965, kedua fakultas ini kemudian berkembang menjadi fakultas Universitas Sriwijaya. Lampung yang didirikan.