Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di DepokSumber: indramayu.pikiran-rakyat.com

matrakab.com – Universitas-universitas terbaik berlokasi di Depok, sehingga memudahkan penduduk setempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi. mulai dari universitas negeri ternama dan berpindah ke swasta yang sah.

Kota Depok merupakan bagian dari kawasan Megapolitan Jabodetabek, seperti yang diketahui. Tentunya perguruan tinggi di Depok memiliki beragam sumber belajar yang cukup lengkap guna mengembangkan mahasiswa yang siap menghadapi masa depan.

1. Politeknik Imigrasi

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang diakui, Politeknik Keimigrasian (POLTEKIM) diawasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Politeknik ini sangat menekankan pada pendidikan di bidang keimigrasian dan masih menggunakan sistem ikatan konvensional.

Politeknik Imigrasi mempunyai sejarah yang panjang, berdasarkan bagaimana pendiriannya. Politeknik Imigrasi didirikan setelah kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1950, oleh karena itu.

Indonesia telah mengurus imigrasi sejak tahun 1950, ketika mengambil alih kekuasaan dari Belanda. Saat itu, Indonesia membutuhkan Pejabat Teknis Keimigrasian yang kompeten dan berpengalaman di seluruh negeri serta duta besar yang dapat mewakili Republik Indonesia di luar negeri.

Dengan dibukanya Akademi Imigrasi, diharapkan kekurangan petugas imigrasi yang berkualitas dan berpengalaman serta mampu menegakkan hukum dapat teratasi. Akademi Imigrasi kemudian akan digunakan untuk memenuhi empat peran berbeda terkait imigrasi: fasilitasi pengembangan kesejahteraan masyarakat, penegakan hukum, layanan imigrasi, dan keamanan negara.

2. Universitas Nusa Mandiri

Universitas swasta di Jakarta bernama Universitas Nusa Mandiri (UNM). Yayasan Nusa Mandiri mendirikan kampus ini dalam rangka menjadikan Universitas Nusa Mandiri sebagai kampus berbasis ICT. Sejarah yang telah berjalan sejak tahun 2003 dan universitas-universitas di setiap kampus penyusunnya tidak lepas dari perjalanan menuju Universitas Nusa Mandiri.

Yayasan Nusa Mandiri Indonesia secara resmi memulai misi mulia di bidang pendidikan pada tanggal 8 Agustus 2001 melalui Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri. Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia mengeluarkan Keputusan No. 1, yang mendukung pengesahan ini. 17/DO/2003 yang diterbitkan pada tanggal 31 Januari 2003 tentang izin penyelenggaraan kegiatan pendidikan dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri. Dua (dua) program studi sarjana yaitu Program Studi Sistem Informasi (Program S1) dan Program Studi Teknik Informatika (Program S1) didirikan di STMIK Nusa Mandiri.

3. Politeknik LP3I

Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia atau yang dikenal dengan LP3I merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin segera memasuki dunia kerja. Kurikulumnya dirancang untuk memenuhi standar kompetensi industri dan tempat kerja. Selain itu, kampus ini juga memiliki sertifikasi kompetensi nasional dan internasional. Selain itu, penekanan pengajarannya adalah pada hard skill, soft skill yang relevan dengan dunia kerja, dan penanaman jiwa kewirausahaan agar mahasiswa dapat berkarya atau berkreasi sebelum lulus. Pengajarannya didukung oleh praktisi dan ahli di bidangnya yang berprofesi sebagai dosen.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) adalah institusi pendidikan tinggi dengan reputasi sebagai sekolah pertama di Asia. Sebelum menjadi Universitas Indonesia, Belanda mendirikan sekolah menengah atas ilmu kesehatan pada tahun 1849. Pada tahun 1851, lembaga ini diberi julukan Sekolah Dokter-Djawa. Pada tahun 1898, Sekolah Dokter-Djawa mengadopsi akronim STOVIA, yang merupakan singkatan dari School tot Opleiding van Indische Artsen (Sekolah Kedokteran Dokter Pribumi). Hingga penutupan terakhirnya pada tahun 1927, STOVIA berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi para profesional medis terbaik di Indonesia.

Menyusul bubarnya STOVIA, sebuah sekolah kedokteran serta empat sekolah menengah tambahan dibangun di berbagai kota di Jawa, termasuk Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte di Batavia pada tahun 1940, Recht Hoogeschool di Bandung pada tahun 1924, dan Faculteit van Landbouwweteschap di Bogor pada tahun 1941. Fakultas teknik, hukum, dan humaniora semuanya dibangun di Bandung. Pada tahun 1946, sebuah universitas dengan nama Nood-universiteit (Universitas Darurat) didirikan melalui lima sekolah menengah tersebut.

5. Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta atau dikenal juga dengan PNJ merupakan salah satu sekolah kejuruan negeri yang berkantor pusat di Depok, Jawa Barat. Letaknya yang berada di kampus Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu hal yang membedakan Politeknik Negeri Jakarta dengan institusi lainnya. Program vokasi di Politeknik Negeri Jakarta dirancang untuk mempersiapkan mahasiswanya memasuki dunia kerja sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, terampil, dan profesional di bidang perekonomian sektor manufaktur dan jasa.

Kurikulum Nasional (KURNAS) telah dimasukkan ke dalam kurikulum akademik Politeknik Negeri Jakarta. Sistem yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi digunakan untuk mendukung tenaga pengajar atau dosen yang menyelenggarakan pendidikan akademik di Politeknik Negeri Jakarta yang profesional dan kompeten. Politeknik Negeri Jakarta menggunakan perpaduan 40% teori dan 60% praktik untuk mendapatkan hasil terbaik. Politeknik Negeri Jakarta berharap dengan menggunakan komposisi tersebut mampu menghasilkan mahasiswa pascasarjana yang unggul, profesional, kompetitif, dan memenuhi standar industri.