Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di GresikSumber: mamikos.com

matrakab.com – Kali ini kita akan membahas tentang Universitas ternama dan ternama di Gresik. Gresik merupakan wilayah antara Surabaya dan Lamongan, seperti yang diketahui. Ini memiliki kawasan industri yang cukup besar, yang mengarah pada pendirian banyak pabrik dan bisnis. Banyak orang datang ke daerah tersebut untuk bekerja atau belajar karena terkenal dengan semen atau batu kapurnya. Banyak karyawan yang masih harus menyelesaikan pendidikannya karena usianya masih awal 20-an.

1. Universitas Muhammadiyah Gresik

Di Jl. adalah sebuah perguruan tinggi swasta bernama Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG). Di Sumatera No. Kabupaten Gresik, 101 GKB, Jawa Timur, Indonesia. Pada tanggal 25 Mei 1980, Bapak Dot Kolonel Wasiadji, SH, Bupati Kabupaten Gresik resmi mendirikan UMG. Karena pada saat itu belum terdapat perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Gresik Tingkat II, maka didirikanlah Universitas Muhammadiyah Gresik dalam upaya memperluas amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi. Dewan Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Nomor: E didasarkan pada Keputusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gresik. Universitas Muhammadiyah Gresik didirikan dengan Surat Keputusan Nomor 1/017-V/1980, tanggal 25 Mei 1980. Upacara tersebut dipimpin oleh Bapak Kolonel Wasiadji, S.H, Bupati KDH Tingkat II Kabupaten Gresik. bertempat di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jl. Kh. Kohil No.Gresik 90.

Universitas Muhammadiyah Gresik telah meminta status pendaftaran menjadi Kopertis Wilayah VI (sekarang Wilayah VII) sejak tahun 1983. Ketiga perguruan tinggi tersebut digabung berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sesuai instruksi Kopertis Wilayah VII dan kesepakatan bersama antara pimpinan IKIP Muhammadiyah Surabaya, Institut Teknologi Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Gresik. Universitas Muhammadiyah Surabaya didirikan dengan nomor: 0141/0/1984, tanggal 9 Maret 1984. Universitas Muhammadiyah Surabaya Kampus Gresik adalah sebutan kampus ini di Gresik.

2. Universitas Gresik

Merupakan perguruan tinggi negeri terbaik di Gresik, dan ada tiga cara mendaftar: SNMPTN, SBMPTN, dan UMPTN (Mandiri). Sarjana Manajemen, Sarjana Ekonomi, Sarjana Teknik Mesin, Sarjana Teknik Sipil, Sarjana Hukum, Sarjana Keperawatan, Sarjana Sastra Inggris, dan Sarjana Administrasi Pendidikan hanyalah beberapa program studi yang ditawarkan di kampus Unigres. Ada juga program gelar lain di bidang administrasi bisnis, ekonomi, hukum, dan keperawatan. Jurusan ini selalu menerima banyak mahasiswa baru setiap tahunnya. Selain berada di tengah kota Gresik, tempat segala fasilitas kota berada, letaknya juga strategis.

3. Universitas Internasional Semen Indonesia

Yayasan Semen Indonesia (SMIF) membawahi Universitas Internasional Semen Indonesia atau dikenal juga dengan UISI, sebuah universitas swasta di Indonesia. Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia (STIMSI) yang telah beroperasi selama 2 (dua) tahun telah bertransformasi menjadi UISI. STiMSI berdiri pada tanggal 11 Mei 2013 yang kemudian dipilih sebagai hari jadi UISI. Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tepatnya Kompleks PT, merupakan lokasi gedung kampus UISI. Semen Indonesia (Persero) Tbk Jl. Bersama 7 perguruan tinggi lainnya antara lain Universitas Pertamina, Telkom University, Institut Teknologi PLN, IT Telkom Surabaya, dll, Veteran, UISI Gresik tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi yang berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN).

Menurut UISI, mereka berdedikasi untuk berkembang menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi perwujudan sejati bidang akademik bagi masyarakat. Caranya dengan menjadi perguruan tinggi swasta yang fokus berbasis industri. Tujuan didirikannya UISI adalah menjadikan pendidikan lebih mudah diakses oleh masyarakat di dalam dan luar Gresik dengan memajukan inovasi teknologi, penelitian, dan pengabdian.

4. INKAFA

Telah mendapat akreditasi Sangat Baik dari BAN PT, Pondok Pesantren Abdullah Faqih Manyar Gresik atau dikenal dengan INKAFA resmi didirikan pada tahun 2003. Kabupaten Gresik Jawa Timur merupakan rumah bagi Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang berlokasi di Jalan KH Syafi’ i No. 07 Suci Manyar Gresik.

Kajian hukum ekonomi syariah, hukum keluarga, ilmu dan tafsir Al-Qur’an, komunikasi dan penyiaran Islam, pendidikan agama Islam, pendidikan bahasa Arab, pendidikan bahasa Inggris, dan pendidikan agama Islam tingkat magister semuanya ditawarkan. Sangat cocok bagi Anda yang berencana melanjutkan studi Islam lebih mendalam di bangku kuliah.

5. IAI Qamaruddin Gresik

Akreditasi A C dari BAN PT telah diberikan kepada Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik yang berdiri sejak tahun 2014. IAI Qamaruddin masih diasuh oleh Universitas Qomaruddin Gresik di kampus yang terletak di Jalan Raya Bungah No 1 Bungah Kabupaten Gresik, Jawa Timur .

Ekonomi syariah, hukum keluarga Islam, manajemen pendidikan Islam, perbankan syariah, dan magister pendidikan agama Islam merupakan beberapa pilihan studi yang ditawarkan di IAI Qomaruddin Gresik.