Daftar 5 Universitas Terbaik Yang Ada Di KudusSumber: umk.ac.id

matrakab.com – Universitas negeri dan universitas swasta adalah dua jenis universitas yang ditawarkan di Kudus. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Kudus, menawarkan beragam. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan, kota kecil ini bisa menjadi tujuan Anda.

Selain itu, Kudus terkenal memiliki universitas yang mengkhususkan diri pada bidang kedokteran dan keperawatan. Kudus mungkin bisa menjadi salah satu kota yang patut menjadi pertimbangan jika Anda ingin bekerja di bidang kesehatan, termasuk menjadi perawat di rumah sakit.

1. IAIN Kudus

IAIN Kudus, perguruan tinggi negeri dibawah arahan Kementerian Agama, menjadi pilihan tambahan. Daerahnya berada di Kudus’ Ngembal Rejo. Pada tahun 1997, kampus yang sebelumnya merupakan bagian dari IAIN Walisongo Semarang ini akhirnya berubah status dan mengadopsi nama STAIN Kudus.

Pada tahun 2016, STAIN Kudus berganti nama menjadi IAIN Kudus yang kini menyelenggarakan tiga program pascasarjana dan empat fakultas secara keseluruhan. Keempat fakultas tersebut adalah Fakultas Syariah, Tarbiyah, Ushuluddin, serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Program studi Ilmu Syariah, Ekonomi Syariah, dan Magister Manajemen Pendidikan Islam semuanya tersedia di program pascasarjana.

2. Universitas Muhammadiyah Kudus

Universitas Swasta Universitas Muhammadiyah Kudus terletak di Jalan Ganesha Purwosari Kudus. Lokasi ini dulunya adalah sekolah keperawatan kesehatan yang didirikan pada tahun 1984. Akademi Keperawatan kemudian menggantikannya pada tahun 1999. Nama tersebut diubah menjadi Akademi Kesehatan pada tahun 2004 setelah ditambahkannya Program Studi D3 Kebidanan.

Pada tahun 2008, namanya diubah kembali menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Kudus dalam rangka meningkatkan standar pengajaran. Peran STIKES Muhammadiyah Kudus diubah menjadi UMKU pada tahun 2018.

Kampus ini berkembang pesat berkat perjalanan panjang UMKU. Lulusan UMKU banyak yang berdaya saing akademis dan berprestasi. Selain itu, kampus ini juga semakin berkembang sarana dan prasarananya, hingga saat ini sudah mempunyai dua kampus, salah satunya berada di Jepara.

3. AKBID Pemda Kudus

Di bawah arahan Pemerintah Daerah Kudus terdapat perguruan tinggi yang disebut Akbid. Di bidang kesehatan, pendidikan khusus diberikan oleh AKBID Pemda Kudus. Yayasan Bina Insan Mulia kemudian mengambil alih perguruan tinggi tersebut setelah diambil alih. Saat itu status lembaga ini diubah dari AKBID menjadi Politeknik sehingga menawarkan pilihan yang lebih besar.

4. Akademi Keperawatan Krida Husada

Di Akademi Keperawatan Krida Husada, Anda dapat mendaftar jika ingin melanjutkan pendidikan di bidang keperawatan. Pendidikan D3 tersedia dari institusi pendidikan tinggi ini. Selain itu, LAMP-PTKes juga menganugerahkan predikat B kepada AKPER Krida Husada. AKPER Krida Husada merupakan usaha di Mejobo yang telah beroperasi sejak tahun 1995.

5. Universitas Muria Kudus

Universitas Muria Kudus atau dikenal juga dengan UMK merupakan sebuah perguruan tinggi yang didirikan pada tanggal 12 Juni 1980 di Kudus, Jawa Tengah. Akademi Kepemimpinan Perusahaan (APP) yang didirikan pada tahun 1963 oleh Catur Tunggal Kudus (sekarang Muspida) merupakan cikal bakal Universitas Muria Kudus. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tidak memberikan izin akademi ini, padahal sudah beroperasi selama tiga tahun, yaitu tahun 1963 hingga 1966. Kemudian pada tanggal 10 Agustus 1967, Pak Rustam Santiko (Kapolres Kudus) memulai pendiriannya.

Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Cabang Kudus karena tidak ada izin tersebut. Sayangnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga tidak menyetujui pendirian fakultas ini. Yayasan penyelenggara tetap berusaha mendirikan perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STE) Kudus dengan Jurusan Ekonomi Perusahaan pada tahun yang sama, meskipun izin mendirikan fakultas untuk kedua kalinya ditolak. Akhirnya STE Kudus berhasil mendapatkan persetujuan dan status terdaftar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.